Translate








Senin, 09 Desember 2013

Step by Step Install Centos 6.4

Sepertinya kurang lengkap apabila topik yang satu ini tidak dibahas. Walaupun banyak sekali sumber mengenai cara Instalasi CentOS diluar sana, saya akan coba memposting versi saya sendiri. Siapa tahu bisa menjadi alternatif atau referensi tambahan.

  1. Masukkan DVD Installer CentOS, disini saya akan menginstall server dengan OS Linux Centos 6.4 64bit. Lalu atur Boot Sequence dari Bios untuk pertama kali membaca CD/DVD.
  2.  Pada saat Boot dari CD, akan keluar pilihan seperti gambar dibawah, Pilih Opsi paling atas, yakni "Install or Upgrade an Existing System"

  3. Selanjutnya, SKIP saja apabila Sumber Instalasi DVD Installer kita memang masih bagus

  4. Tekan NEXT untuk masuk ke proses selanjutnya

  5. Pilih BAHASA, disini saya memilih ENGLISH (Default)

  6. Pemilihan KEYBOARD Layout, pilih Default, yaitu U.S.English

  7. Pilih Basic Storage Device

  8. WARNING untuk penghapusan hardisk, karena kita akan menginstall baru / fresh, kita pilih Yes, discard any data

  9. Masukkan Nama Host untuk server yang akan kita bangun

  10. Pemilihan Timeone, pilih Jakarta pada tampilan Peta

  11. Kita input Password untuk user root

  12. Untuk Partisi kita pilih Use Free Space

    Untuk partisi kita bisa pilih Create Custom Layout dengan pengaturan misalnya: /boot = 100MB, SWAP = 2000 MB, dan sisanya untuk partisi root (/) 
  13. WARNING untuk penulisan kedalam Hardisk, pilih Write Changes to Disk

  14. Pemilihan Paket bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, disini saya memilih Customeize Now






  15. Memulai Proses Instalasi

  16. Instalasi telah selesai, pilih Reboot

  17. Done



Like the Post? Do share with your Friends.

2 komentar:

  1. Gan..biar tampilannya full screen gimana ya..?

    BalasHapus
  2. gan ini saya dapat masalah pada waktu masukin login sama passwordnya. saya coba masukin ama password root pun juga ngga bisa-bisa. tulisannya Login Incorrect terus. terus waktu mau masukin password dalah selang waktu 3 detik tiba-tiba ke enter sendiri. jadi kayak ngga bisa ketik tulisan yang panjang.

    BalasHapus

IconIconIconFollow Me on Pinterest

Blogger news

Blogroll

What's Hot